Pernikahan

ADAT 
Pernikahan    Kematian    Lainnya



 URUTAN ADAT  ”PANGOLIHON ANAK – PAMULIHON BORU”


1. Patua Hata / Marhusip


Acara patua hata adalah kunjungan rombongan keluarga paranak ke rumah parboru dalam jumlah yang lebih besar untuk menyatakan keinginan melamar anak parboru menjadi menantu. Disebut patua hata karena semula keinginan dan hubungan itu baru hanya sebatas hubungan antara pemuda dan pemudi yang kemudian ingin ditingkatkan menjadi dicampuri oleh pihak orang tua. Berhubung hal ini sudah melibatkan langsung orang tua kedua belah pihak, tentu semua sudah harus transparan. Patua hata yang dilaksanakan belakangan ini juga sudah disatukan dengan adat marhusip yang pada mulanya terpisah dan diperankan kelompok boru. Paranak akan bertanya apakah calon menantu sudah benar-benar cinta pada anaknya. Pertanyaan itu tidak langsung dilakukan oleh paranak tetapi melalui boru yang sudah menikah dan jawabannya akan diumumkan kemudian secara resmi oleh protokol/parsinabul parboru. Bila pengakuan parboru sudah ada maka acara pun dilanjutkan dengan membicarakan hasil pembicaraan ketika marhorihori dingding.


Suguhan makanan tradisional disajikan lengkap dengan namargoarnya yang dibawa pihak paranak dan dengke dari pihak parboru. Kata pembukaan pada acara tersebut adalah: “Magodang anak pangolihononhon, magodang boru pahutaon”. Sebagai penutup, kedua calon mempelai wajib diberi arahan agar mereka jangan sampai pernah lagi membat hubungan asmara dengan pihak lain dimana hal itu sungguh-sunguh tidak diperbolehkan.

Sifat dari acara ini tertutup dan yang akan dibahas di acara ini adalah berapa sinamot (mas kawin) yang akan diberikan oleh pihak calon mempelai laki-laki kepada pihak calon mempelai perempuan.

Ada beberapa filsafah yang harus diingat di acara marhusip ini, yaitu:
  1. Manat unang tartutuk, dadapat unang tarrobung 
  2. Jolo nidodo asa hinonong 
  3. Jolo tinaha garungniba, niantan sulangat niba
Acara ini biasanya dilaksanakan di rumah keluarga calon mempelai perempuan dan jumlah yang hadir di acara ini pada umumnya dua atau tiga orang dari pihak calon mempelai laki-laki  (hahaanggi, dongan sahuta dohot boru)

Apabila acara ini sudah mencapai kesepakatan, maka untuk pembicaraan lebih rinci tentang mas kawin akan dibicaran sewaktu Marhata sinamot

Dibawah ini ada skenario acara Marhusip dalam bahas Batak dan artinya bahasa Indonesia sebagai berikut :
Pembicara dari pihak parboru (PB):

„ Ba mankatai ma hita raja ni parboruon. IA nungga ro hamu tu bagas nami on, mauliate ma siala haroromuna, ba nuaeng na manugkun ma hami tu hamu: Dia ma na hinarohon muna, tangkas ma paboa“

(artinya: Marilah kita mulai berbicara wahai Raja ni Boru, kalian sudah datang kerumah ini , terima kasih atas kedatangan kalian, sekarang kami ingin bertanya pada kalian apa maksud kedatangan kalian tolong dijelaskan?)


Jawaban dari pihak paranak (calon laki-laki) (PL):

“Olo ma tutu, rajanami, alusan ma tutu sungkunsungkun muna I, Mauliate ma hudok hami parjolo tu Tuhan ta , ai dibagasan hahipason do hamu hu dapot hami di bagasta na marapang na marjual on. Mauliate do jala malambok pusu huhut dohonon nami di hamu rajanami na manjangkon haroronami dohot bohi na minar huhut lambok mardongan sipanganon na tabo. Ia haroro namai raja nami, na mardomu do I tu boaboa ni anak nami na ro mangalaka tu hutanta on, na di jabuon.Jadi na disuru suhut nami do hami manopot hamu, rajanami, manangkasi dohot manungkun pingkiran muna taringot tu si. On pe parjolo ma jolo husungkun hami hamu rajanami, beha naung ditolopi rohamuna do langka ni anak nami i? Jala molo naung ditolopi rohamuna do, ba songon dia ma dipangido rohamuna simpehononmuna tu hami di sibahenon dohot sipatupaon nami. Botima rajanami.

(artinya: Benar sekali raja nami, memang seharusnyalah kami menjawab pertanyaan itu, Terima kasih kami haturkan terutama kepada Tuhan, karena diberi kesehatan kepada kalian yang kami temui di rumah “na marapang na marjual on. Terima kasih setulusnya kami haturkan kepada kalian raja nami yang menghormati kedatangan kami dengan muka yang cerah serta lembut disertai hidangan makanan yang begitu lezat. Adapun kedatangan kami wahai raja nami, sehubungan dengan pemberitahuan dari anak kami yang datang berjalan-jalan kekampung dan kerumah ini. Jadi kami disuruh suhut nami, menemui kalian raja nami, memperjelas serta menanyai kepada kalian tentang hal itu. Sebelumnya terlebih dahulu kami menanya kalian raja nami, Bagaimana apakah kalian sudah mengerti akan maksud kedatangan anak kami?, kalaulah sudah dimengerti , kira kira bagaimana dan apa yang perlu kalian sampaikan pada kami untuk dipersiapkan dan disediakan. Kira-kira begitulah)


Jawaban PB :

“Mauliate ma diharoromuna tu bagasta on dohot dihatamuna I sudena.Ndang pola ganjang be dohonon nami mangalusi hamu.Las do rohanami majangkon berenami anak muna i. Alai pangidoan nami, molo naung sian ias dohot burjumuna do na ro nuaeng manaringoti i, ba tung denggan ma bahen hamu taringot tu sisombahononmuna tu hami.Angkup ni I, manurut pingkiran nami nangkin andorang so borhat hamu tu son, ba nungga adong hian bilangan na tontu ditonahon suhut muna sipaboaon muna tu hami. On pe, asa jempek jala bulus pangkataionta ba pintor tangkas ma paboa hamu na tinonahon ni suhut muna I tu hamu. Songon I ma jolo alus nami. Botima.

(artinya: Terima kasih atas kedatangan dan kata-kata kalian tersebut, tidak perlu saya rasa panjang-panjang menjawab kalian, kami sangat senang atas bere kami anak kalian itu, tetapi permintaan kami kalaulah memeang sudah dari hati yang tulus kedatangan kalian dan menyinggung soal itu maka alangkah baiknya kalau kalian mempersiapkan (sombasomba) untuk membicarakan itu kepada kami, menurut pikiran kami tadi, sebelum kalian berangkat kemari barang tentu sudah ada disiapkan untuk kalian dalam bilangan tertentu oleh suhut kalian, untuk diberi tahu kepada kami. Begitupu untuk mempersingkat pembicaraan kita, terus terang saja kalian menyampaikan yang dititip dan dipesankan suhut tadi kepada kalian. Begitulah dahulu jawaban kami.Botima).


Jawaban Pihak PL:

“mauliate di hatamuna I, rajanami.Nunga nauli I, raja nami, na nidokmuna I, ai tutu do nunga adong hian bilangan na tontu huboan hami songon tona ni suhut nami.Jadi ba pinaboa ma tu raja i. Songon on ma , raja nami: Upa suhut RP.60,00. Jala manurut / marbanding tusi ma angka jambar pangalambungi.

(artinya: Terima kasih, atas semua kata-kata kalian raja nami, wahai raja nami apa yang kalian katakan tadi adalah benar, sudah ada bilangan yang pasti kami bawa sebagai pesan dari suhut kami. Jadi kami sampaikanlah kepada kalian raja nami, kira kira beginilah perinciannya, Upa suhut ditetapkan Rp. 60.000, serta termasuklah itu untuk jambar pangalambungi.)

( biasanya sewaktu Marhusip selalu penawaran terjadi dan pihak utusan laki-laki selalu mengurangi dari yang telah ditetapkan hasuhutan orang tua laki-laki.)


Pembicara PB:

“Ah, raja ni parboruon , ndang masuk diakal nami holan nasa I di tonahon suhut muna. Jadi nuaeng pe, ndada porlu masitaoaran ditingki na “Marhusip” . Paboa hamu ma torang sadia ditonahon suhut muna”.

(artinya: Ah, rajani parboruon, tidak masuk akal kami Cuma hanya sekian yang dipesan suhut kalian, jadi sekarang tidak perlu kita saling tawar menawar sewaktu Marhusip. Beritahu secara jelas berapa sebenarnya yang dipesan suhuit kalian)


Pembicara PL:

“Ba molo songon I do, rajanami, an a uli, ba pinaboa ma tutu. Tona ni suhut nami ,upa suhut Rp.100.000. Jala manurut tusi ma tu angka pangalabungi, jadi songon I ma da, raja nami, naboi tuhuhon nami, botima.

(Kalau begitu raja nami, baiklah kami beritahulah kepada kalian yang sebenarnya berapa yang dipesankan suhut kami, upa suhut Rp. 100.000. termasuk untuk para pangalabungi, begitulah raja nami, yang dapat kami tanggung. Botima.)

Jawaban PB:

„Mauliate ma di hatamuna i, raja ni parboruon. Jadi songon on ma dohonon nami taringot tusi: Hujalo hami ma songon na pinaboa muna i, molo olat ni i nama na boi sombahonon muna tu hami, alai ingkon hamu ma mananggung pesta ro sude na mardomu tusi. Ianggo so songoni do, tung soboi do haoloan hami hatamuna i. Songon I ma hatanami, botima, ai patar ma paboaon nami tu hamu, sinamot na nilehon muna I do na naeng pangkehon nami tu haporluan ni nanaeng parumaen muna on, songon I ma hata nami, botima.

(artinya: Terima kasi atas jawaban kalian itu raja ni parboruon, jadi beginilah jawaban kami tentang itu: Kami menerima seperti jumlah yang klalian sampaikan, kalau Cuma samapai disitu kesanggupan untuk dipersembahkan kepada kami, tetapi kalianlah yang menanggung pesta serta semua yang berhubungan dengan itu, kalau tidak begitu kami tidak dapat menerima apa yang kalain katakan itu. Begitulah jawaban kami Botima, jelas-jelaslah kami sampaikan kepada kalian, sinamot yang kalian berikan itu yang akan dipergunakan untuk keperluan bakal menantu kalian itu, begitulah jawabna kami ,Botima) 


Pembicara PL:


Taringot tusi, rajanami ianggo tona ni suhut nami songon on do;sian hami do panjuhuti, alai ianggo na mambahen pesta I, ba hamu parboru do. Jadi molo tung so boi do songon I, an ang tarlehon hami nuaeng putusan taringot tu na nidok ni rajai. Alai ba paboaon nami ma I tu suhut nami.”
(artinya: Mengenai itu raja nami, pesan suhut kami begini; Dari kami panjuhuti, tetapi yang mengadakan pesta kalian pihak parbopru. Jadi kalaupun tidak an begitu kami tidak sanggup memutuskan sekarang raja nami, tetapi akan kami sampaikan permintaan itu kepada suhut kami.)


Pembicara PB:


“Molo songoni, ba pasahat hamu ma hatanami I tu suhut muna alai paboa hamu, tung gomos do hami di pangidoan nami I, botima”
(artinya: Kalu begitu, kalian sampaikanlah usul kami itu kepada suhut kalian, tetapi harus kalian sampaikan dengan tegas permintaan kami itu, botima.)


Jawaban PL:


“an a uli rajanami pasahaton nami ma hatamuna I tu suhut nami, jala tibu do hami ro mamboan alus sian suhut nami botima.”
(artinya: Sangatlah baik itu raja nami, kami akan sampaikan usul kalian itu kepada suhut kami, serta kamia akan segera memberi jawaban dari suhut kami, botima)


Sampai disini akhir pembicaraan yang terjadi untuk saat itu, (kesimpulannya masih terjadi tawar menawar siapa yang mengadakan pesta keramaiannya, juru bicara pihak perempuan meminta agara pesta dilaksanakn oleh pihak laki-laki, namun juru bicara pihak laki-laki menolak dan meminta agar pesta dilakukan oleh pihak perempuan, namun keputusan akan dirundingkan dengan orang tua calon laki-laki/suhut yang nanti akan diberi jawabnnya segera ) laki-laki menawarkalau datang untuk kedua kalinya hanya untuk menyampaikan jawaban dari orang tua calaon mempelai laki-laki.


Marhata sinamaot: (membicarakan mas kawin)

Ada falsafah orangtua terdahulu yang perlu diingat sebagai berikut:


  1. Aek godang aek lau;
    Dos ni roha sibaen nasut
  2. Balinta ma pagabe tumandangkon sitadoan;
    Arinta ma gabe molo masipaoloan.
  3. Amporik marlipik, onggang marbahang;
    Gabe do parboli na otik, laos gabe do nang parboli na godang
  4. Na mandanggurhon tu dolok do molo basa marhulahula. (maksudnya Apa saja yang dilempar ke gubnung, seperti batu, pasti batu tersebut meluncur/jatuh kearah kita, dan pasti batu lainpun yang tersenggol akan terikut. Jadi sama berlipat ganda diterima keuntungan yang baik, kalau kita menghormati Hulahula.)
Setelah jadawal pembicaraan tentang Mas kawin (sinamot) telah ditetapkan pada waktu Marhusip dan pesan akan kedatangan pihak Pengantin Laki-lakipun disampaikan pada pihak pengantin perempuan. Maka Pihak perempuanpun mempersiapkan penyambutan dan menerima “Suhi ni ampang“, dan memberi tahu pada orang yang berkaitan dengan acara itu untuk hadir yaitu:


1- Suhut (parboru)

2- Sijalo bara,

3- Tulang

4- Simandokkon,

5- Pariban. Dan ditambah sebagai saksi yaitu:

6- Dongan sahuta (1 atau 2 orang)


Inilah yang yang menerima pihak Paranak dalam membicarakan sinamot .Adapun falsafah yang terkandung dalam “Ampang” adalah sebagai berikut:


Ampang didalam masyarakat Batak adalah suatu penerimaan, dimana ampang ini diperbuat dari rotan , dan rotan ini adalah dahulu digunakan sebagai pengikat rumah yang disatukan (diserupakan) dengan tali ijuk dari pohon aren dimana oleh masyarakat Batak mengumpamakan aren itu (bagot) sebagai kejiwaan wanita. Maka anak laki-laki dan anak perempuan itulah pengikat satu rumah tangga, didalam masyarakat Batak, itulah makanya didalam perkawinan itu selalu disebut:

  1. Nialap ni ampang; Suhut itulah empunya anak perempuan 
  2. Marsuhat di ampang,; Sijalo bara, adalah Abang adik dari suhut, inilah yang disebut horong ni na tua-tua.
  3. Mangihut di ampang, Tulang, adalah saudara laki dari isterinya suhut.
  4. Sihunti ampang, Simandokkon, adalah anak laki-laki,dari suhut
  5. Tutup ni ampang, Pariban adalah boru atau itonya suhut.
Jadi yang hadir dalam mebicarakan sinamot itu ialah:
  1. 3 orang dari pihak Paranak (meminta)
  2. 5 orang dari pihak parboru (menerima)
  3. 2 orang sebagai saksi (penggerak)
Cukup 10 orang yang membicarakan (marhata sinamot) Biasanya waktu untuk membicarakan sinamot idealnya adalah waktu malam, dan ini yang sering dilakukan dahulu.
Setelah rombongan dipersilahkan masuk, tudutudu ni sipanganon yang dibawa pihak paranakpun diletakkanlah dihadapan tuan rumah (parboru), kemudian tuan rumah pun membagikan hidangan untuk tamu-tamu dari pihak paranak. Setelah selesai makan, lalu ditutup lagi dengan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian protokol dari pihak pengantin perempuan mengatur letak duduk sesuai dengan aturan yang telah ada , maka dimulailah berunding pihak pengantin perempuan dengan pihak pengantin laki.untuk menentukan juru bicara (raja parhata) dari kedua belah pihak.Setelah itu maka pihak pengantin laki menyuruh pihak borunya (parboruon na) meletakkan " Tudu-tuduni sipanganon“ itu kehadapan raja parhata pihak pengantin perempuan yang telah ditunjuk/dipilih
Hasil dari Marhusip: 
RUHUT-RUHUT NI PARADATHON PESTA ADAT
  1. Rumang in Ulaon        : Adat na gok, Di alap jual, Ulaon sadari 
  2. Sinamot                        : 
  3. Panandaion / Todoan  (Suhi ampang na opat) : 
  4. Pinggan Panganan       : Marsinangkohi tangga ni balatuk nabe.]
  5. Ulos Herbang               : Jumlah sesuai kesepakatan. 
  6. Parjuhutna                   :  
  7. Parjambaran                : Sidapot Solup na ro. 
  8. Pamasu-masuon          : Hari / Tanggal / Jam / Inganan. 
  9. Acara Sibuhabuhai      : Dirumah Parboru / tempat yang disepakati.
  10. Inganan Pesta              : Tempat yang disepakati
2. Martumpol (baca : martuppol) :

  1. Penanda-tanganan persetujuan pernikahan oleh orang tua kedua belah pihak atas rencana perkawinan anak-anak mereka dihadapan pejabat gereja 
  2. Tata cara Partumpolon dilaksanakan oleh pejabat gereja sesuai dengan ketentuan yang berlaku 
  3. Tindak lanjut Partumpolon adalah pejabat gereja mewartakan rencana pernikahan dari kedua mempelai melalui warta jemaat, yang di HKBP disebut dengan Tingting (baca : tikting)
  4. Kalau di HKBP harus dilakukan Tingting  dua kali hari minggu berturut-turut setelah Martupolon.
  5. Apabila setelah dua kali tingting tidak ada gugatan dari pihak lain baru dapat dilanjutkan dengan pemberkatan nikah (pamasu-masuon)
  6. Kalau untuk versi gereja Katolik diadakan sebuah Kursus Persiapan Penikahan yang kurang lebih diadakan 4 kali pertemuan, jikalau sudah lulus menempuh kursus tersebut maka kedua mempelai akan mendaftar di gereja katolik tempat pemberkatan dan mengikuti prosesi KANONIK dimana kedua mempelai akan melakukan tanya jawab bersama Pastor/Romo yang berwenang. Baru di umumkan secara resmi 3 kali pengumuman di gereja. Setelah diumumkan dan tidak ada halangan baru dilakukan pernikahan kudus secara Gereja katolik (pamasu-masuon) yang dilakukan oleh Pastor yang berwenang

3. Martonggo Raja atau Maria Raja 

adalah suatu kegiatan pra pesta/acara yang bersifat seremonial yang mutlak diselenggarakan oleh penyelenggara pesta/acara yang bertujuan untuk :
  • Mempersiapkan kepentingan pesta/acara yang bersifat teknis dan non teknis
  • Pemberitahuan pada masyarakat bahwa pada waktu yang telah ditentukan ada pesta/acara pernikahan dan berkenaan dengan itu agar pihak lain tidak mengadakan pesta/acara dalam waktu yang bersamaan. 
  • Memohon izin pada masyarakat sekitar terutama dongan sahuta atau penggunaan fasilitas umum pada pesta yang telah direncanakan.
  • Biasanya Undangan siap diedarkan   
Beberapa hal pokok yang dibicarakan mengenai pembagian tugas kerja pada acara adat dan resepsi pernikahan, yaitu :
 
·   Memeriksa runutan/agenda hari H
·   Yang memberikan kata sambutan (mandok hata) di gereja pada hari H.
·   Yang menjadi sihuti ampang pada acara marsibuha-buhai
·   Yang menerima ulos Herbang, dll
·   Memilih yang penyimpan/penerima ulos pengantin
·   Memilih yang penerima beras & dengke (makanan dari ikan mas)
·   Memilih yang membawa, membagi snack & minuman untuk marsibuha-buhai
·   Memilih yang membawa, membagi snack & minuman untuk acara adat
·   Petugas makanan tamu nasional/prasmanan
·   Memilih yang penerima tamu dan souvenir
·   Memilih yang yang memegang kado/amplop dari para tamu di meja tamu
·   Menyusun daftar penerima / pemberi amplop 
·   Menyusun daftar penerima / pemberi ulos
·   dan hal2 penting lainnya



4. PESTA UNJUK

Pesta Unjuk terbagi dalam 2 kategori : dialap jual dan ditaruhon jual.

1.  DIALAP JUAL
  1. Pengantin pria datang beserta dengan keluarga menjemput pengantin wanita dari rumah orangtuanya dengan membawa bakul berisi makanan daging dan ditutup dengan ulos.
  2. Pelaksana pesta adalah pihak parboru (keluarga wanita)
  3. Pihak paranak (keluarga pria) menjadi tamu yang dilayani oleh pihak parboru.

2.  DITARUHON JUAL
  1. Pengantin wanita diantar keluarganya kepada pengantin pria di rumah orangtua pria.
  2. Pelaksana pesta adalah pihak paranak
  3. Pihak paranak melayani tamunya, yaitu pihak parboru

Pesta Unjuk ini dilakukan pada hari yang sama dengan perberkatan pernikahan. Setelah
selesai pemberkatan dilanjutkan dengan Pesta Unjuk di tempat pesta dengan kegiatan : 

  1. Kedua belah pihak (paranak dan parboru) masing-masing menerima dan menyambut kedatangan hula-hula (keluarga laki-laki dari Ibu)
  2. Undangan memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai
  3. Penyampaian hantaran makanan setelah undangan telah lengkap (masing-masing pihak telah hadir)
  4. Berdoa dan makan bersama. Pada saat makan bersama keluarga pengantin pria dan wanita datang menemui undangan yang sedang makan sambil mengucapkan selamat datang, selamat makan dan mohon maaflah atas kekurangan-kekurangan pesta.
  5. Pembagian jambar, yang dimulai dengan keluarga wanita dan keluarga pria, dilanjutkan dengan pembagian diantara keluarga masing-masing pihak keluarga.
  6. Pasahathon Tumpak. Tumpak (dibaca tuppak) adalah sumbangan para undangan dari keluarga pengantin pria kepada orangtua pengantin pria dalam bentuk uang yang dimasukkan ke dalam amplop, kemudian dimasukkan dalam baskom yang diletakkan di depan orangtua pria.
  7. Pengantin wanita harus mengambil amplop-amplop yang ada dalam baskom, namun hanya boleh mengambil sekali saja.
  8. Pasahathon hata (Marhata), dimulai dengan keluarga pria melalui "spokeman" atau juru bicara (dalam batak disebut Parsinabung) menyampaikan pinggan panungkunan (satu piring yang berisi beras, sirih dan uang) kepada keluarga wanita. Pihak keluarga wanita melalui juru bicaranya kemudian menerimanya, dan mengajukan pertanyaan apa maksud dan tujuan kedatangan ke tempat keluarga wanita dalam bentuk penyampaian umpasa. Juru bicara pihak laki-laki tentunya menjawab pertanyaan tersebut dengan umpasa juga. Setelah tanya jawab berlangsung, kedua belah pihak sepakat melaksanakan seluruh percakapan yang disepakati pada waktu marhusip dan melaksanakannya.]
  9. Hula-hula kedua belah pihak merestui kesepakatan kedua keluarga 
  10. Keluarga pria menyampaikan sinamot kepada keluarga wanita melalui juru bicaranya   (parsinabung)
  11. Keluarga pria menyampaikan "Todoan" kepada orang yang termasuk "Suhi Ni Ampang na opat" keluarga wanita. Todoan itu merupakan presentase tertentu dari jumlah sinamot. Yang termasuk dalam Suhi Ni Ampang Na Opat adalah :

1.      Keluarga saudara laki-laki Bapak pengantin wanita terdekat
2.      Keluarga saudara laki-laki pengantin wanita terdekat 
3.      Keluarga saudara perempuan pengantin wanita terdekat
4.      Keluarga saudara laki-laki ibu pengantin wanita terdekat

  1. Keluarga pengantin perempuan bersama keluarga pria memberikan Tintin Marangkup   kepada keluarga saudara laki-laki ibu pengantin pria yang terdekat.
  2. Keluarga pengantin wanita membagikan pinggan panganan kepada beberapa undangan.
  3. Keluarga wanita menyampaikan ulos imbalan sinamot dengan urutan :

1.      Ulos Pansamot kepada orangtua pengantin 
2.      Ulos Hela kepada keluarga mempelai ditambah dengan 1 sarung kepada pengantin pria 
3.      Ulos Pamarai kepada saudara Bapak pengantin pria atau saudara pengantin pengantin pria terdekat yang telah berkeluarga 
4.      Ulos Sihunti jual kepada keluarga saudara perempuan pengantin pria yang terdekat 
5.      Ulos-ulos lainnya dengan jumlah yang telah ditentukan dan disepakati bersama.Setelah penyampaian ulos Sihunti jual maka keluarga pengantin pria membagikan amplop berisi uang kepada beberapa undangan.
  1. Penyampaian ulos holong kepada kedua mempelai dengan urutan :

1.      Dongan tubu diikuti boru 
2.      Hula-hula keluarga pengantin wanita
3.      Hula-hula pengantin pria

  1. Pihak keluarga wanita memberikan restu kepada keluarga pria yang didahului oleh hula-hula.
  2. Pihak keluarga pengantin pria mengucapkan terima kasih kepada pihak keluarga pengantin wanita dan semua undangan
  3. Orangtua pengantin laki-laki mengucapkan terima kasih kepada semua undangan.
  4. Pembagian olop-olop (uang ratusan/ribuan rupiah) yang berasal dari keluarga pengantin wanita dan pria keapda undangan yang masih ada
  5. Penutup (Bernyanyi bersama dan berdoa)


Buku acara dan daftar Hula2 serta Penerima Todoan dan Ulos. 
Biasanya dibuat minimal 3 Rangkap

ULAON UNJUK (Untuk Wanita)

(Nama Pengantin Wanita)
DOHOT OROANNA
(Nama Pengantin Pria)


1.      ARI / TANGGAL               :       
2.      PAMASU – MASUON      : Lokasi Gereja 
3.      WAKTU                            : Waktu Pemberkatan
4.      PESTA UNJUK                 : Lokasi Gedung
5.      WAKTU                            : Waktu Pesta

DAFTAR   NI  HULA – HULA  /  TULANG

1.      HULA – HULA                 :
2.      TULANG                           :
3.      BONA TULANG               :
4.      TULANG ROROBOT        :
5.      HULA – HULA NA MARHAHA MARANGGI :


RUHUT-RUHUT NI PARADATHON PESTA ADAT
Hari/ Tanggal/

1.      RUMANG NI ULAON         : Jenis Ulaon
2.      SINAMOT                            : Sesuai yang telah disepakati
3.      Suhi Ampang na Opat/ Panandaion : Tangkas do di alusi paranak
4.      Tin tin Marangkup                  : Dos ni Roha Hasuhuton
5.      Ulos Herbang                                    : Sesuai dengan kesepakatan dan diserahkan sesuai dengan daftar
  dari paranak
6.      Pinggan Panganan  & Ulos Tinonun Sadari  : Marsinangkohi Tangga Balatuk nabe P
7.      Parjambaran                          : Sidapot Solup na ro
8.      Ulaon Sadari                          : Mardalan Ulak Une dohot Tingkir Tangga
9.      Acara Sibuhabuhai                 : Lokasi penjemputan mempelai wanita biasanya dirumah
  mempelai wanita

NAMANJALO PANANDAION

1.      SUHI NI AMPANG NA OPAT :

  1. Sijalo Sinamot : Orang tua mempelai wanita
  2. Si Jalo Bara                  : Abang / adik orang tua mempelai wanita
  3. Si Jalo Simalohon         : Abang/adik laki2 dari mempelai wanita
  4. Si Jalo Parorot              : Ito dari Bapak mempelai wanita
  5. Si Jalo Upa Tulang        : Keluarga terdekat dari Ibu mempelai wanita
    
2.      TODOAN  1.Ompung / Amangtuana / Amangudana Suhut Mempelai wanita
 
3.      TODOAN  2.Boru suhut dari keluarga mempelai wanita bisa Namboru/kakak /adik perempuan
4.      TODOAN  3.Saudara laki2 mempelai wanita dari oppung kakak adik langsung (matinodohon)
5.    TODOAN  4.Saudara perempuan (boru) dari mempelai wanita dari oppung kakak adik langsung (matinodohon)
6.       TODOAN  5 Biasanya untuk pungguan / perkumpulan marga
Note. Todoan bisa diatur sesuai dengan kesepakatan pada saat martonggoraja

N  A  P  A  S  A  H  A  T     U  L  O  S

1.       Ulos Pansamot                   : Orang Tua Mempelai wanita
2.       Ulos Hela                           : Orang Tua Mempelai wanita   
3.       Ulos Pangabarai                 : Sesuai dengan daftar suhi ampang na opat
4.       Ulos Simanggokhon           : Sesuai dengan kesepakatan
5.       Ulos Sihunti Ampang          : Sesuai dengan kesepakatan
6.       Ulos Holong                       : Sesuai dengan kesepakatan

PARHOBAS

  1. PROTOKOL                                       : Sesuai dengan kesepakatan
  2. PARSINABUL / PANAMBOLI          : Sesuai dengan kesepakatan
  3. MANDOK HATA di GEREJA            : Sesuai dengan kesepakatan
  4. SIJALO TAMU                                   : Sesuai dengan kesepakatan
Tugas-tugas :
-          Manjalo Tamu
-          Mangatur Parhundulan ni Hula-hula & Tulang
-          Pasahat Parjambaran dibantu Boru / Hela
  1. SIJALO DEKKE SIUK & TANDOK BORAS : Sesuai dengan kesepakatan
  2. KONSUMSI
1.      ADAT                    :  Sesuai dengan kesepakatan
2.      NASIONAL          : Sesuai dengan kesepakatan
  1. NA MARLOPES         : Boru suhut dan sesuai dengan kesepakatan
  2. PAULAK UNE           : Semua Boru
  3. PROTOKOL SIBUHABUHAI :  Sesuai kesepakatan
ULAON UNJUK (Untuk Pria)

(Nama Pengantin Pria)
DOHOT OROANNA
(Nama PengantinWanita)

1.      ARI / TANGGAL               :       
2.      PAMASU – MASUON      : Lokasi Gereja 
3.      WAKTU                            : Waktu Pemberkatan
4.      PESTA UNJUK                 : Lokasi Gedung
5.      WAKTU                            : Waktu Pesta

DAFTAR   NI  HULA – HULA  /  TULANG

1.      HULA – HULA                 :
2.      TULANG                           :
3.      BONA TULANG               :
4.      TULANG ROROBOT        :
5.      HULA – HULA NA MARHAHA MARANGGI :

RUHUT-RUHUT NI PARADATHON PESTA ADAT
Hari/ Tanggal/

1.      RUMANG NI ULAON                 : Jenis Ulaon
2.      SINAMOT                                    : Sesuai yang telah disepakati
3.      Suhi Ampang na Opat dohot todoan                                                          
4.      Ulos Herbang                                 : Sesuai dengan kesepakatan dan diserahkan sesuai
  dengan daftar dari paranak
5.      Pinggan Panganan  & Ulos Tinonun Sadari   : Marsinangkohi Tangga Balatuk
    nabe                                     
6.            Parjambaran                                :  Sidapot Solup na ro
7.            Ulaon Sadari                               :  Mardalan Ulak Une dohot Tingkir Tangga
8.            Acara Sibuhabuhai                       : Lokasi penjemputan mempelai wanita biasanya
   dirumah mempelai wanita
MANGALEHON PANADAION
        I.        SUHI NI AMPANG NA OPAT :
1.        Sinamot                     : Orang tua mempelai wanita
2.        Si Ukap Bara             : Abang / adik orang tua mempelai Pria
3.        Simalohon                  : Abang/adik laki2 dari mempelai Pria
4.        Pariban                      : Ito dari Bapak mempelai wanita
5.        Tulang                       : Sesuai dengan kesepakatan
     II.        TODOAN 1. Diatur dan disesuai dengan daftar yang diberikan par boru
   III.        TODOAN 2. Diatur sesuai dengan daftar yang diberika par boru
  IV.        TODOAN 3. Diatur sesuai dengan daftar yang diberika par boru
     V.        TODOAN 4. Diatur sesuai dengan daftar yang diberika par boru
  VI.        TODOAN 5. Biasanya pungguan / perkumpulan marga
Note. Todoan bisa diatur sesuai dengan kesepakatan pada saat martonggoraja
NAMANJALO ULOS
1.            Ulos Pansamot                : Orang Tua Mempelai Pria
2.            Ulos Hela                        : Kedua Mempelai
3.            Ulos Pangabarai              : Sesuai dengan kesepakatan biasanya keluarga terdekat
4.            Ulos Simanggokhon         : Sesuai dengan kesepakatan biasanya keluarga terdekat
5.            Ulos Sihunti Ampang       : Sesuai dengan kesepakatan biasanya keluarga terdekat
6.            Ulos Holong                    : Pengantin


PARHOBAS

  1. PROTOKOL                                       : Sesuai dengan kesepakatan
  2. PARSINABUL / PANAMBOLI          : Sesuai dengan kesepakatan
  3. MANDOK HATA di GEREJA            : Sesuai dengan kesepakatan
  4. SIJALO TAMU                                   : Sesuai dengan kesepakatan
Tugas-tugas :
-          Manjalo Tamu
-          Mangatur Parhundulan ni Hula-hula & Tulang
-          Pasahat Parjambaran dibantu Boru / Hela
  1. SIJALO DEKKE SIUK & TANDOK BORAS : Sesuai dengan kesepakatan
  2. KONSUMSI
3.      ADAT                    :  Sesuai dengan kesepakatan
4.      NASIONAL          : Sesuai dengan kesepakatan
  1. NA MARLOPES         : Boru suhut dan sesuai dengan kesepakatan
  2. PAULAK UNE           : Semua Boru
  3. PROTOKOL SIBUHABUHAI :  Sesuai kesepakatan

Gambar Pelaksanaan Pernikahan Adat
1. Marsibuabuai







































2. Pamasumasuon





































3. Ulaon Adat






































 Baca Juga Sulang2 Pahompu, Mangampe Marga, Mangain

>>> Kembali ke ADAT<<

Link: Upacara Pernikahan