Pernikahan Kematian Lainnya
URUTAN ADAT
”PANGOLIHON ANAK – PAMULIHON BORU”
1. Patua Hata / Marhusip
Acara patua hata adalah kunjungan
rombongan keluarga paranak ke rumah parboru dalam jumlah yang lebih besar untuk
menyatakan keinginan melamar anak parboru menjadi menantu. Disebut patua hata
karena semula keinginan dan hubungan itu baru hanya sebatas hubungan antara
pemuda dan pemudi yang kemudian ingin ditingkatkan menjadi dicampuri oleh pihak
orang tua. Berhubung hal ini sudah melibatkan langsung orang tua kedua belah
pihak, tentu semua sudah harus transparan.
Patua hata yang dilaksanakan
belakangan ini juga sudah disatukan dengan adat marhusip yang pada mulanya
terpisah dan diperankan kelompok boru. Paranak akan bertanya apakah calon
menantu sudah benar-benar cinta pada anaknya. Pertanyaan itu tidak langsung
dilakukan oleh paranak tetapi melalui boru yang sudah menikah dan
jawabannya akan diumumkan kemudian secara resmi oleh protokol/parsinabul
parboru. Bila pengakuan parboru sudah ada maka acara pun dilanjutkan dengan
membicarakan hasil pembicaraan ketika marhorihori dingding.
Suguhan makanan tradisional disajikan
lengkap dengan namargoarnya yang dibawa pihak paranak dan dengke dari pihak
parboru. Kata pembukaan pada acara tersebut adalah: “Magodang anak
pangolihononhon, magodang boru pahutaon”. Sebagai penutup, kedua calon mempelai
wajib diberi arahan agar mereka jangan sampai pernah lagi membat hubungan
asmara dengan pihak lain dimana hal itu sungguh-sunguh tidak
diperbolehkan.
Sifat dari acara ini tertutup dan yang
akan dibahas di acara ini adalah berapa sinamot (mas kawin) yang akan
diberikan oleh pihak calon mempelai laki-laki kepada pihak calon
mempelai perempuan.
Ada beberapa filsafah yang harus diingat di acara marhusip ini, yaitu:
- Manat unang tartutuk, dadapat unang tarrobung
- Jolo nidodo asa hinonong
- Jolo tinaha garungniba, niantan sulangat niba
Acara ini biasanya dilaksanakan di rumah keluarga calon mempelai
perempuan dan jumlah yang hadir di acara ini pada umumnya dua atau tiga
orang dari pihak calon mempelai laki-laki (hahaanggi, dongan sahuta
dohot boru)
Apabila acara ini sudah mencapai kesepakatan, maka untuk pembicaraan lebih rinci tentang mas kawin akan dibicaran sewaktu Marhata sinamot
Apabila acara ini sudah mencapai kesepakatan, maka untuk pembicaraan lebih rinci tentang mas kawin akan dibicaran sewaktu Marhata sinamot
Dibawah ini ada skenario acara Marhusip dalam bahas Batak dan artinya bahasa Indonesia sebagai berikut :
Pembicara dari pihak parboru (PB):
„
Ba mankatai ma hita raja ni parboruon. IA nungga ro hamu tu bagas nami
on, mauliate ma siala haroromuna, ba nuaeng na manugkun ma hami tu hamu:
Dia ma na hinarohon muna, tangkas ma paboa“
(artinya:
Marilah kita mulai berbicara wahai Raja ni Boru, kalian sudah datang
kerumah ini , terima kasih atas kedatangan kalian, sekarang kami ingin
bertanya pada kalian apa maksud kedatangan kalian tolong dijelaskan?)
Jawaban dari pihak paranak (calon laki-laki) (PL):
“Olo
ma tutu, rajanami, alusan ma tutu sungkunsungkun muna I, Mauliate ma
hudok hami parjolo tu Tuhan ta , ai dibagasan hahipason do hamu hu dapot
hami di bagasta na marapang na marjual on. Mauliate do jala malambok
pusu huhut dohonon nami di hamu rajanami na manjangkon haroronami dohot
bohi na minar huhut lambok mardongan sipanganon na tabo. Ia haroro namai
raja nami, na mardomu do I tu boaboa ni anak nami na ro mangalaka tu
hutanta on, na di jabuon.Jadi na disuru suhut nami do hami manopot hamu,
rajanami, manangkasi dohot manungkun pingkiran muna taringot tu si. On
pe parjolo ma jolo husungkun hami hamu rajanami, beha naung ditolopi
rohamuna do langka ni anak nami i? Jala molo naung ditolopi rohamuna do,
ba songon dia ma dipangido rohamuna simpehononmuna tu hami di sibahenon
dohot sipatupaon nami. Botima rajanami.
(artinya:
Benar sekali raja nami, memang seharusnyalah kami menjawab pertanyaan
itu, Terima kasih kami haturkan terutama kepada Tuhan, karena diberi
kesehatan kepada kalian yang kami temui di rumah “na marapang na marjual
on. Terima kasih setulusnya kami haturkan kepada kalian raja nami yang
menghormati kedatangan kami dengan muka yang cerah serta lembut disertai
hidangan makanan yang begitu lezat. Adapun
kedatangan kami wahai raja nami, sehubungan dengan pemberitahuan dari
anak kami yang datang berjalan-jalan kekampung dan kerumah ini. Jadi
kami disuruh suhut nami, menemui kalian raja nami, memperjelas serta
menanyai kepada kalian tentang hal itu. Sebelumnya terlebih dahulu kami
menanya kalian raja nami, Bagaimana apakah kalian sudah mengerti akan
maksud kedatangan anak kami?, kalaulah sudah dimengerti , kira kira
bagaimana dan apa yang perlu kalian sampaikan pada kami untuk
dipersiapkan dan disediakan. Kira-kira begitulah)
Jawaban PB :
“Mauliate
ma diharoromuna tu bagasta on dohot dihatamuna I sudena.Ndang pola
ganjang be dohonon nami mangalusi hamu.Las do rohanami majangkon
berenami anak muna i. Alai pangidoan nami, molo naung sian ias dohot
burjumuna do na ro nuaeng manaringoti i, ba tung denggan ma bahen hamu
taringot tu sisombahononmuna tu hami.Angkup ni I, manurut pingkiran nami
nangkin andorang so borhat hamu tu son, ba nungga adong hian bilangan
na tontu ditonahon suhut muna sipaboaon muna tu hami. On pe,
asa jempek jala bulus pangkataionta ba pintor tangkas ma paboa hamu na
tinonahon ni suhut muna I tu hamu. Songon I ma jolo alus nami. Botima.
(artinya:
Terima kasih atas kedatangan dan kata-kata kalian tersebut, tidak perlu
saya rasa panjang-panjang menjawab kalian, kami sangat senang atas bere
kami anak kalian itu, tetapi permintaan kami kalaulah memeang sudah
dari hati yang tulus kedatangan kalian dan menyinggung soal itu maka
alangkah baiknya kalau kalian mempersiapkan (sombasomba) untuk
membicarakan itu kepada kami, menurut pikiran kami tadi, sebelum kalian
berangkat kemari barang tentu sudah ada disiapkan untuk kalian dalam
bilangan tertentu oleh suhut kalian, untuk diberi tahu kepada kami.
Begitupu untuk mempersingkat pembicaraan kita, terus terang saja kalian
menyampaikan yang dititip dan dipesankan suhut tadi kepada kalian.
Begitulah dahulu jawaban kami.Botima).
Jawaban Pihak PL:
“mauliate
di hatamuna I, rajanami.Nunga nauli I, raja nami, na nidokmuna I, ai
tutu do nunga adong hian bilangan na tontu huboan hami songon tona ni
suhut nami.Jadi ba pinaboa ma tu raja i. Songon on ma , raja nami: Upa
suhut RP.60,00. Jala manurut / marbanding tusi ma angka jambar
pangalambungi.
(artinya:
Terima kasih, atas semua kata-kata kalian raja nami, wahai raja nami
apa yang kalian katakan tadi adalah benar, sudah ada bilangan yang pasti
kami bawa sebagai pesan dari suhut kami. Jadi kami sampaikanlah kepada
kalian raja nami, kira kira beginilah perinciannya, Upa suhut ditetapkan
Rp. 60.000, serta termasuklah itu untuk jambar pangalambungi.)
( biasanya sewaktu
Marhusip selalu penawaran terjadi dan pihak utusan laki-laki selalu
mengurangi dari yang telah ditetapkan hasuhutan orang tua laki-laki.)
Pembicara PB:
“Ah,
raja ni parboruon , ndang masuk diakal nami holan nasa I di tonahon
suhut muna. Jadi nuaeng pe, ndada porlu masitaoaran ditingki na
“Marhusip” . Paboa hamu ma torang sadia ditonahon suhut muna”.
(artinya:
Ah, rajani parboruon, tidak masuk akal kami Cuma hanya sekian yang
dipesan suhut kalian, jadi sekarang tidak perlu kita saling tawar
menawar sewaktu Marhusip. Beritahu secara jelas berapa sebenarnya yang
dipesan suhuit kalian)
Pembicara PL:
“Ba molo songon I do, rajanami, an a uli, ba pinaboa ma tutu. Tona ni suhut nami ,upa suhut Rp.100.000. Jala manurut tusi ma tu angka pangalabungi, jadi songon I ma da, raja nami, naboi tuhuhon nami, botima.
(Kalau begitu raja
nami, baiklah kami beritahulah kepada kalian yang sebenarnya berapa
yang dipesankan suhut kami, upa suhut Rp. 100.000. termasuk untuk para
pangalabungi, begitulah raja nami, yang dapat kami tanggung. Botima.)
Jawaban PB:
„Mauliate
ma di hatamuna i, raja ni parboruon. Jadi songon on ma dohonon nami
taringot tusi: Hujalo hami ma songon na pinaboa muna i, molo olat ni i
nama na boi sombahonon muna tu hami, alai ingkon hamu ma mananggung
pesta ro sude na mardomu tusi. Ianggo so songoni do, tung soboi do
haoloan hami hatamuna i. Songon I ma hatanami, botima, ai patar ma
paboaon nami tu hamu, sinamot na nilehon muna I do na naeng pangkehon
nami tu haporluan ni nanaeng parumaen muna on, songon I ma hata nami,
botima.
(artinya:
Terima kasi atas jawaban kalian itu raja ni parboruon, jadi beginilah
jawaban kami tentang itu: Kami menerima seperti jumlah yang klalian
sampaikan, kalau Cuma samapai disitu kesanggupan untuk dipersembahkan
kepada kami, tetapi kalianlah yang menanggung pesta serta semua yang
berhubungan dengan itu, kalau tidak begitu kami tidak dapat menerima apa
yang kalain katakan itu. Begitulah jawaban kami Botima, jelas-jelaslah
kami sampaikan kepada kalian, sinamot yang kalian berikan itu yang akan
dipergunakan untuk keperluan bakal menantu kalian itu, begitulah jawabna
kami ,Botima)
Pembicara PL:
Taringot
tusi, rajanami ianggo tona ni suhut nami songon on do;sian hami do
panjuhuti, alai ianggo na mambahen pesta I, ba hamu parboru do. Jadi
molo tung so boi do songon I, an ang tarlehon hami nuaeng putusan
taringot tu na nidok ni rajai. Alai ba paboaon nami ma I tu suhut nami.”
(artinya:
Mengenai itu raja nami, pesan suhut kami begini; Dari kami panjuhuti,
tetapi yang mengadakan pesta kalian pihak parbopru. Jadi kalaupun tidak
an begitu kami tidak sanggup memutuskan sekarang raja nami, tetapi akan kami sampaikan permintaan itu kepada suhut kami.)
Pembicara PB:
“Molo songoni, ba pasahat hamu ma hatanami I tu suhut muna alai paboa hamu, tung gomos do hami di pangidoan nami I, botima”
(artinya:
Kalu begitu, kalian sampaikanlah usul kami itu kepada suhut kalian,
tetapi harus kalian sampaikan dengan tegas permintaan kami itu, botima.)
Jawaban PL:
“an a uli rajanami pasahaton nami ma hatamuna I tu suhut nami, jala tibu do hami ro mamboan alus sian suhut nami botima.”
(artinya:
Sangatlah baik itu raja nami, kami akan sampaikan usul kalian itu
kepada suhut kami, serta kamia akan segera memberi jawaban dari suhut
kami, botima)
Sampai
disini akhir pembicaraan yang terjadi untuk saat itu, (kesimpulannya
masih terjadi tawar menawar siapa yang mengadakan pesta keramaiannya,
juru bicara pihak perempuan meminta agara pesta dilaksanakn oleh pihak
laki-laki, namun juru bicara pihak laki-laki menolak dan meminta agar
pesta dilakukan oleh pihak perempuan, namun keputusan akan dirundingkan
dengan orang tua calon laki-laki/suhut yang nanti akan diberi jawabnnya
segera ) laki-laki menawarkalau datang untuk kedua kalinya hanya untuk menyampaikan jawaban dari orang tua calaon mempelai laki-laki.
Marhata sinamaot: (membicarakan mas kawin)
Ada falsafah orangtua terdahulu yang perlu diingat sebagai berikut:
- Aek godang aek lau;
Dos ni roha sibaen nasut - Balinta ma pagabe tumandangkon sitadoan;
Arinta ma gabe molo masipaoloan. - Amporik marlipik, onggang marbahang;
Gabe do parboli na otik, laos gabe do nang parboli na godang - Na mandanggurhon tu dolok do molo basa marhulahula. (maksudnya Apa saja yang dilempar ke gubnung, seperti batu, pasti batu tersebut meluncur/jatuh kearah kita, dan pasti batu lainpun yang tersenggol akan terikut. Jadi sama berlipat ganda diterima keuntungan yang baik, kalau kita menghormati Hulahula.)
Setelah jadawal
pembicaraan tentang Mas kawin (sinamot) telah ditetapkan pada waktu
Marhusip dan pesan akan kedatangan pihak Pengantin Laki-lakipun
disampaikan pada pihak pengantin perempuan. Maka Pihak perempuanpun
mempersiapkan penyambutan dan menerima “Suhi ni ampang“, dan memberi
tahu pada orang yang berkaitan dengan acara itu untuk hadir yaitu:
1- Suhut (parboru)
2- Sijalo bara,
3- Tulang
4- Simandokkon,
5- Pariban. Dan ditambah sebagai saksi yaitu:
6- Dongan sahuta (1 atau 2 orang)
Inilah yang yang
menerima pihak Paranak dalam membicarakan sinamot .Adapun falsafah yang
terkandung dalam “Ampang” adalah sebagai berikut:
Ampang didalam
masyarakat Batak adalah suatu penerimaan, dimana ampang ini diperbuat
dari rotan , dan rotan ini adalah dahulu digunakan sebagai pengikat
rumah yang disatukan (diserupakan) dengan tali ijuk dari pohon aren
dimana oleh masyarakat Batak mengumpamakan aren itu (bagot) sebagai
kejiwaan wanita. Maka anak laki-laki dan anak perempuan itulah pengikat
satu rumah tangga, didalam masyarakat Batak, itulah makanya didalam
perkawinan itu selalu disebut:
- Nialap ni ampang; Suhut itulah empunya anak perempuan
- Marsuhat di ampang,; Sijalo bara, adalah Abang adik dari suhut, inilah yang disebut horong ni na tua-tua.
- Mangihut di ampang, Tulang, adalah saudara laki dari isterinya suhut.
- Sihunti ampang, Simandokkon, adalah anak laki-laki,dari suhut
- Tutup ni ampang, Pariban adalah boru atau itonya suhut.
Jadi yang hadir dalam mebicarakan sinamot itu ialah:
- 3 orang dari pihak Paranak (meminta)
- 5 orang dari pihak parboru (menerima)
- 2 orang sebagai saksi (penggerak)
Cukup 10 orang yang membicarakan (marhata sinamot) Biasanya waktu untuk membicarakan sinamot idealnya adalah waktu malam, dan ini yang sering dilakukan dahulu.
Setelah rombongan dipersilahkan masuk, tudutudu ni
sipanganon yang dibawa pihak paranakpun diletakkanlah dihadapan tuan
rumah (parboru), kemudian tuan rumah pun membagikan hidangan untuk
tamu-tamu dari pihak paranak. Setelah selesai makan, lalu ditutup lagi dengan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian
protokol dari pihak pengantin perempuan mengatur letak duduk sesuai
dengan aturan yang telah ada , maka dimulailah berunding pihak pengantin
perempuan dengan pihak pengantin laki.untuk menentukan juru bicara
(raja parhata) dari kedua belah pihak.Setelah itu maka pihak pengantin
laki menyuruh pihak borunya (parboruon na) meletakkan " Tudu-tuduni
sipanganon“ itu kehadapan raja parhata pihak pengantin perempuan yang telah ditunjuk/dipilih
Hasil dari Marhusip:
adalah suatu kegiatan pra pesta/acara yang bersifat seremonial yang mutlak diselenggarakan oleh penyelenggara pesta/acara yang bertujuan untuk :
Beberapa hal pokok yang
dibicarakan mengenai pembagian tugas kerja pada acara adat dan resepsi
pernikahan, yaitu :
RUHUT-RUHUT NI PARADATHON PESTA ADAT
- Rumang in Ulaon : Adat na gok, Di alap jual, Ulaon sadari
- Sinamot :
- Panandaion / Todoan (Suhi ampang na opat) :
- Pinggan Panganan : Marsinangkohi tangga ni balatuk nabe.]
- Ulos Herbang : Jumlah sesuai kesepakatan.
- Parjuhutna :
- Parjambaran : Sidapot Solup na ro.
- Pamasu-masuon : Hari / Tanggal / Jam / Inganan.
- Acara Sibuhabuhai : Dirumah Parboru / tempat yang disepakati.
- Inganan Pesta : Tempat yang disepakati
2. Martumpol (baca : martuppol) :
- Penanda-tanganan persetujuan pernikahan oleh orang tua kedua belah pihak atas rencana perkawinan anak-anak mereka dihadapan pejabat gereja
- Tata cara Partumpolon dilaksanakan oleh pejabat gereja sesuai dengan ketentuan yang berlaku
- Tindak lanjut Partumpolon adalah pejabat gereja mewartakan rencana pernikahan dari kedua mempelai melalui warta jemaat, yang di HKBP disebut dengan Tingting (baca : tikting)
- Kalau di HKBP harus dilakukan Tingting dua kali hari minggu berturut-turut setelah Martupolon.
- Apabila setelah dua kali tingting tidak ada gugatan dari pihak lain baru dapat dilanjutkan dengan pemberkatan nikah (pamasu-masuon)
- Kalau untuk versi gereja Katolik diadakan sebuah Kursus Persiapan Penikahan yang kurang lebih diadakan 4 kali pertemuan, jikalau sudah lulus menempuh kursus tersebut maka kedua mempelai akan mendaftar di gereja katolik tempat pemberkatan dan mengikuti prosesi KANONIK dimana kedua mempelai akan melakukan tanya jawab bersama Pastor/Romo yang berwenang. Baru di umumkan secara resmi 3 kali pengumuman di gereja. Setelah diumumkan dan tidak ada halangan baru dilakukan pernikahan kudus secara Gereja katolik (pamasu-masuon) yang dilakukan oleh Pastor yang berwenang
3. Martonggo Raja atau Maria Raja
adalah suatu kegiatan pra pesta/acara yang bersifat seremonial yang mutlak diselenggarakan oleh penyelenggara pesta/acara yang bertujuan untuk :
- Mempersiapkan kepentingan pesta/acara yang bersifat teknis dan non teknis
- Pemberitahuan pada masyarakat bahwa pada waktu yang telah ditentukan ada pesta/acara pernikahan dan berkenaan dengan itu agar pihak lain tidak mengadakan pesta/acara dalam waktu yang bersamaan.
- Memohon izin pada masyarakat sekitar terutama dongan sahuta atau penggunaan fasilitas umum pada pesta yang telah direncanakan.
- Biasanya Undangan siap diedarkan
· Memeriksa
runutan/agenda hari H
· Yang
memberikan kata sambutan (mandok hata) di gereja pada hari H.
· Yang
menjadi sihuti ampang pada acara marsibuha-buhai
· Yang
menerima ulos Herbang, dll
· Memilih
yang penyimpan/penerima ulos pengantin
· Memilih
yang penerima beras & dengke (makanan dari ikan mas)
· Memilih
yang membawa, membagi snack & minuman untuk marsibuha-buhai
· Memilih
yang membawa, membagi snack & minuman untuk acara adat
· Petugas
makanan tamu nasional/prasmanan
· Memilih
yang penerima tamu dan souvenir
· Memilih
yang yang memegang kado/amplop dari para tamu di meja tamu
· Menyusun
daftar penerima / pemberi amplop
· Menyusun daftar penerima / pemberi ulos
· Menyusun daftar penerima / pemberi ulos
· dan
hal2 penting lainnya
Gambar Pelaksanaan Pernikahan Adat
1. Marsibuabuai
2. Pamasumasuon
3. Ulaon Adat
Baca Juga Sulang2 Pahompu, Mangampe Marga, Mangain
>>> Kembali ke ADAT<<
Link: Upacara Pernikahan
4. PESTA UNJUK
Pesta Unjuk terbagi dalam 2
kategori : dialap jual dan ditaruhon jual.
1. DIALAP JUAL
- Pengantin pria datang beserta dengan keluarga menjemput pengantin wanita dari rumah orangtuanya dengan membawa bakul berisi makanan daging dan ditutup dengan ulos.
- Pelaksana pesta adalah pihak parboru (keluarga wanita)
- Pihak paranak (keluarga pria) menjadi tamu yang dilayani oleh pihak parboru.
2. DITARUHON JUAL
- Pengantin wanita diantar keluarganya kepada pengantin pria di rumah orangtua pria.
- Pelaksana pesta adalah pihak paranak
- Pihak paranak melayani tamunya, yaitu pihak parboru
Pesta Unjuk ini dilakukan pada
hari yang sama dengan perberkatan pernikahan. Setelah
selesai pemberkatan dilanjutkan
dengan Pesta Unjuk di tempat pesta dengan kegiatan :
- Kedua belah pihak (paranak dan parboru) masing-masing menerima dan menyambut kedatangan hula-hula (keluarga laki-laki dari Ibu)
- Undangan memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai
- Penyampaian hantaran makanan setelah undangan telah lengkap (masing-masing pihak telah hadir)
- Berdoa dan makan bersama. Pada saat makan bersama keluarga pengantin pria dan wanita datang menemui undangan yang sedang makan sambil mengucapkan selamat datang, selamat makan dan mohon maaflah atas kekurangan-kekurangan pesta.
- Pembagian jambar, yang dimulai dengan keluarga wanita dan keluarga pria, dilanjutkan dengan pembagian diantara keluarga masing-masing pihak keluarga.
- Pasahathon Tumpak. Tumpak (dibaca tuppak) adalah sumbangan para undangan dari keluarga pengantin pria kepada orangtua pengantin pria dalam bentuk uang yang dimasukkan ke dalam amplop, kemudian dimasukkan dalam baskom yang diletakkan di depan orangtua pria.
- Pengantin wanita harus mengambil amplop-amplop yang ada dalam baskom, namun hanya boleh mengambil sekali saja.
- Pasahathon hata (Marhata), dimulai dengan keluarga pria melalui "spokeman" atau juru bicara (dalam batak disebut Parsinabung) menyampaikan pinggan panungkunan (satu piring yang berisi beras, sirih dan uang) kepada keluarga wanita. Pihak keluarga wanita melalui juru bicaranya kemudian menerimanya, dan mengajukan pertanyaan apa maksud dan tujuan kedatangan ke tempat keluarga wanita dalam bentuk penyampaian umpasa. Juru bicara pihak laki-laki tentunya menjawab pertanyaan tersebut dengan umpasa juga. Setelah tanya jawab berlangsung, kedua belah pihak sepakat melaksanakan seluruh percakapan yang disepakati pada waktu marhusip dan melaksanakannya.]
- Hula-hula kedua belah pihak merestui kesepakatan kedua keluarga
- Keluarga pria menyampaikan sinamot kepada keluarga wanita melalui juru bicaranya (parsinabung)
- Keluarga pria menyampaikan "Todoan" kepada orang yang termasuk "Suhi Ni Ampang na opat" keluarga wanita. Todoan itu merupakan presentase tertentu dari jumlah sinamot. Yang termasuk dalam Suhi Ni Ampang Na Opat adalah :
1.
Keluarga saudara laki-laki Bapak pengantin wanita
terdekat
2. Keluarga saudara laki-laki pengantin
wanita terdekat
3.
Keluarga saudara perempuan pengantin wanita terdekat
4. Keluarga saudara laki-laki ibu pengantin
wanita terdekat
- Keluarga pengantin perempuan bersama keluarga pria memberikan Tintin Marangkup kepada keluarga saudara laki-laki ibu pengantin pria yang terdekat.
- Keluarga pengantin wanita membagikan pinggan panganan kepada beberapa undangan.
- Keluarga wanita menyampaikan ulos imbalan sinamot dengan urutan :
1.
Ulos Pansamot kepada orangtua pengantin
2. Ulos Hela kepada keluarga mempelai
ditambah dengan 1 sarung kepada pengantin pria
3. Ulos Pamarai kepada saudara Bapak
pengantin pria atau saudara pengantin pengantin pria terdekat yang telah
berkeluarga
4. Ulos Sihunti jual kepada keluarga saudara
perempuan pengantin pria yang terdekat
5. Ulos-ulos lainnya dengan jumlah yang telah
ditentukan dan disepakati bersama.Setelah penyampaian ulos Sihunti jual maka
keluarga pengantin pria membagikan amplop berisi uang kepada beberapa undangan.
- Penyampaian ulos holong kepada kedua mempelai dengan urutan :
1. Dongan tubu diikuti boru
2. Hula-hula keluarga pengantin wanita
3. Hula-hula pengantin pria
- Pihak keluarga wanita memberikan restu kepada keluarga pria yang didahului oleh hula-hula.
- Pihak keluarga pengantin pria mengucapkan terima kasih kepada pihak keluarga pengantin wanita dan semua undangan
- Orangtua pengantin laki-laki mengucapkan terima kasih kepada semua undangan.
- Pembagian olop-olop (uang ratusan/ribuan rupiah) yang berasal dari keluarga pengantin wanita dan pria keapda undangan yang masih ada
- Penutup (Bernyanyi bersama dan berdoa)
Buku
acara dan daftar Hula2 serta Penerima Todoan dan Ulos.
Biasanya dibuat minimal
3 Rangkap
ULAON UNJUK (Untuk Wanita)
(Nama Pengantin Wanita)
DOHOT OROANNA
(Nama Pengantin Pria)
1.
ARI / TANGGAL :
2.
PAMASU – MASUON :
Lokasi Gereja
3.
WAKTU :
Waktu Pemberkatan
4.
PESTA UNJUK :
Lokasi Gedung
5.
WAKTU :
Waktu Pesta
DAFTAR NI HULA – HULA / TULANG
1.
HULA – HULA :
2.
TULANG :
3.
BONA TULANG :
4.
TULANG ROROBOT :
5.
HULA – HULA NA MARHAHA MARANGGI :
RUHUT-RUHUT NI PARADATHON PESTA ADAT
Hari/ Tanggal/
1.
RUMANG NI ULAON :
Jenis Ulaon
2.
SINAMOT :
Sesuai yang telah disepakati
3.
Suhi Ampang na Opat/ Panandaion : Tangkas do di alusi
paranak
4.
Tin tin Marangkup : Dos
ni Roha Hasuhuton
5.
Ulos Herbang :
Sesuai dengan kesepakatan dan diserahkan sesuai dengan daftar
dari paranak
6.
Pinggan Panganan & Ulos Tinonun
Sadari : Marsinangkohi Tangga Balatuk nabe P
7.
Parjambaran : Sidapot
Solup na ro
8.
Ulaon Sadari : Mardalan
Ulak Une dohot Tingkir Tangga
9.
Acara Sibuhabuhai : Lokasi
penjemputan mempelai wanita biasanya dirumah
mempelai wanita
NAMANJALO PANANDAION
1.
SUHI
NI AMPANG NA OPAT :
- Sijalo Sinamot : Orang tua mempelai wanita
- Si Jalo Bara : Abang / adik orang tua mempelai wanita
- Si Jalo Simalohon : Abang/adik laki2 dari mempelai wanita
- Si Jalo Parorot : Ito dari Bapak mempelai wanita
- Si Jalo Upa Tulang : Keluarga terdekat dari Ibu mempelai wanita
2.
TODOAN 1.Ompung / Amangtuana / Amangudana Suhut Mempelai wanita
3.
TODOAN
2.Boru suhut dari keluarga mempelai wanita bisa Namboru/kakak /adik perempuan
4.
TODOAN 3.Saudara laki2 mempelai wanita dari oppung kakak adik langsung (matinodohon)
5. TODOAN 4.Saudara perempuan (boru) dari mempelai wanita dari oppung kakak adik
langsung (matinodohon)
6.
TODOAN 5 Biasanya untuk
pungguan / perkumpulan marga
Note. Todoan bisa
diatur sesuai dengan kesepakatan pada saat martonggoraja
N A P A S A H
A T U L O S
1.
Ulos Pansamot : Orang Tua Mempelai wanita
2.
Ulos Hela : Orang Tua Mempelai
wanita
3.
Ulos Pangabarai : Sesuai dengan daftar suhi
ampang na opat
4.
Ulos Simanggokhon : Sesuai dengan kesepakatan
5.
Ulos Sihunti Ampang : Sesuai dengan kesepakatan
6.
Ulos Holong : Sesuai dengan
kesepakatan
PARHOBAS
- PROTOKOL : Sesuai dengan kesepakatan
- PARSINABUL / PANAMBOLI : Sesuai dengan kesepakatan
- MANDOK HATA di GEREJA : Sesuai dengan kesepakatan
- SIJALO TAMU : Sesuai dengan kesepakatan
Tugas-tugas :
-
Manjalo Tamu
-
Mangatur Parhundulan ni
Hula-hula & Tulang
-
Pasahat Parjambaran dibantu
Boru / Hela
- SIJALO DEKKE SIUK & TANDOK BORAS : Sesuai dengan kesepakatan
- KONSUMSI
1.
ADAT
:
Sesuai dengan kesepakatan
2.
NASIONAL
: Sesuai dengan kesepakatan
- NA MARLOPES : Boru suhut dan sesuai dengan kesepakatan
- PAULAK UNE : Semua Boru
- PROTOKOL SIBUHABUHAI : Sesuai kesepakatan
ULAON UNJUK (Untuk Pria)
(Nama Pengantin Pria)
DOHOT OROANNA
(Nama PengantinWanita)
1.
ARI / TANGGAL :
2.
PAMASU – MASUON :
Lokasi Gereja
3.
WAKTU :
Waktu Pemberkatan
4.
PESTA UNJUK :
Lokasi Gedung
5.
WAKTU :
Waktu Pesta
DAFTAR NI HULA – HULA / TULANG
1.
HULA – HULA :
2.
TULANG :
3.
BONA TULANG :
4.
TULANG ROROBOT :
5.
HULA
– HULA NA MARHAHA MARANGGI :
RUHUT-RUHUT NI PARADATHON PESTA ADAT
Hari/ Tanggal/
1.
RUMANG
NI ULAON : Jenis Ulaon
2.
SINAMOT : Sesuai yang telah disepakati
3.
Suhi
Ampang na Opat dohot
todoan
4.
Ulos
Herbang
: Sesuai dengan kesepakatan
dan diserahkan sesuai
dengan
daftar dari paranak
5. Pinggan Panganan & Ulos
Tinonun Sadari : Marsinangkohi Tangga Balatuk
nabe
6.
Parjambaran : Sidapot Solup na ro
7.
Ulaon
Sadari
: Mardalan Ulak Une dohot
Tingkir Tangga
8.
Acara
Sibuhabuhai : Lokasi penjemputan mempelai
wanita biasanya
dirumah
mempelai wanita
MANGALEHON
PANADAION
I.
SUHI
NI AMPANG NA OPAT :
1.
Sinamot
: Orang tua
mempelai wanita
2.
Si Ukap
Bara :
Abang / adik orang tua mempelai Pria
3.
Simalohon
: Abang/adik
laki2 dari mempelai Pria
4.
Pariban
: Ito dari
Bapak mempelai wanita
5.
Tulang
: Sesuai
dengan kesepakatan
II.
TODOAN 1. Diatur dan disesuai dengan daftar
yang diberikan par boru
III.
TODOAN 2.
Diatur sesuai dengan daftar yang diberika par boru
IV.
TODOAN 3.
Diatur sesuai dengan daftar yang diberika par boru
V.
TODOAN 4.
Diatur sesuai dengan daftar yang diberika par boru
VI.
TODOAN 5.
Biasanya pungguan / perkumpulan marga
Note. Todoan bisa
diatur sesuai dengan kesepakatan pada saat martonggoraja
NAMANJALO ULOS
1.
Ulos
Pansamot : Orang Tua
Mempelai Pria
2.
Ulos
Hela : Kedua
Mempelai
3.
Ulos
Pangabarai : Sesuai dengan
kesepakatan biasanya keluarga terdekat
4.
Ulos
Simanggokhon : Sesuai dengan
kesepakatan biasanya keluarga terdekat
5.
Ulos
Sihunti Ampang : Sesuai dengan
kesepakatan biasanya keluarga terdekat
6.
Ulos
Holong : Pengantin
PARHOBAS
- PROTOKOL : Sesuai dengan kesepakatan
- PARSINABUL / PANAMBOLI : Sesuai dengan kesepakatan
- MANDOK HATA di GEREJA : Sesuai dengan kesepakatan
- SIJALO TAMU : Sesuai dengan kesepakatan
Tugas-tugas :
-
Manjalo Tamu
-
Mangatur Parhundulan ni
Hula-hula & Tulang
-
Pasahat Parjambaran dibantu
Boru / Hela
- SIJALO DEKKE SIUK & TANDOK BORAS : Sesuai dengan kesepakatan
- KONSUMSI
3.
ADAT
:
Sesuai dengan kesepakatan
4.
NASIONAL
: Sesuai dengan kesepakatan
- NA MARLOPES : Boru suhut dan sesuai dengan kesepakatan
- PAULAK UNE : Semua Boru
- PROTOKOL SIBUHABUHAI : Sesuai kesepakatan
Gambar Pelaksanaan Pernikahan Adat
1. Marsibuabuai
2. Pamasumasuon
3. Ulaon Adat
Baca Juga Sulang2 Pahompu, Mangampe Marga, Mangain
>>> Kembali ke ADAT<<
Link: Upacara Pernikahan